Tuesday, September 2, 2014

Efek Gitar, Bass, dll. untuk PC/Laptop (Guitar Ring)



Guitar Ring merupakan perangkat lunak komputer yang memberikan fasilitas amplifier untuk guitar, bass, dll. 
Software ini dikembangkan oleh Native Instrumen. namun untuk suara masuk dan keluar yang dihasilkan tidak secara realtime karena adanya delay dan latency. 
Latency atau delay adalah penundaan waktu yang singkat (biasanya diukur dalam milidetik) yang dibutuhkan untuk conversi antara data analog dan representasi digital. karena komputer hanya dapat memproses atau mengolah data digital, nah oleh karena itu data analog yang diterima pada mikrofon atau line-in input harus dikonversi menjadi data digital. Setelah pengolahan data, data harus diproses atau dikonversi kembali ke sinyal analog sebelum dapat menjadi output (terdengar) di speaker.(sumber: wikipedia). 
Untuk yang menggunakan soundcard khusus recording mungkin tidak perlu was-was atau khawatir akan masalah latency. Karena biasanya soundcard tersebut pasti akan mempunyai driver (asio) khusus agar tidak mengalami masalah latency. 
Audio Stream Input / Output (ASIO) adalah driver soundcard komputer untuk audio digital yang ditemukan oleh Steinberg, menyediakan latency rendah dan interface yang tepat antara aplikasi perangkat lunak dan soundcard komputer. Sedangkan Microsoft DirectSound biasanya digunakan sebagai input dan output stereo untuk pengguna non-profesional, ASIO memungkinkan musisi dan sound engineering untuk proses audio mereka melalui software komputer Windows.nah itu untuk asio, yang kita pakai adalah ASIO4ALL.
ASIO4ALL adalah driver yang mungkin paling dikenal di dunia audio recording, driver ini merupakan driver yang performanya lebih baik dibandingkan dengan ASIO dari windows (ASIO multimedia). software driver ini compatible dengan soundcard onboard atau pun soundcard PCI/external yang memang driver bawaannya tidak stabil untuk digunakan dalam rekaman.

dari pada panjang lebar lebih baik kita langsung saja ke intinya...

Download bahan-bahan nya :
1. Asio4All         
2. Guitar Ring 5  

Cara install Asio4All:
  1. Buka File Asio4all yang sudah selesai di download.
  2. Install dengan cara klik Next hingga selesai.
1
2

3
4
5
6

Cara install Guitar Ring Pro 5 :
  1. Buka file yang di download instal Guitar Ring tersebut.
  2. Install dengan cara klik next hingga selesai.
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10
Cara menggunakan Guitar Ring :

  1. Pastikan anda sudah menutup program yang berhubungan dengan Audio (winamp, Gom, firefox karena ada flashplayerny. dll)
  2. Buka Program Guitar Ring Pro tersebut
  3. Klik File terus pilih Audio MIDI and Setting.
  4. Pilih Driver Asio pada tab Auido MIDI and Setting.
    5.   klik ok. Selesai

         Silahkan enjoy Guitar sampe pagi.....hehehe  ^_^ .

====Contoh Settingan Asio ======


Popular Posts