Wednesday, April 9, 2014

Gerak Parabola (Fisika Dasar)


                      KATA PENGANTAR

Puji Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Berkat dan Rahmat – Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah ini.Adapun judul dari makalah ini adalah GERAK PARABOLA.
Geraka Parabola memberikan arti tersendiri yaitu sebagai gerak benda yang lintasannya melengkung seperti parabola atau setengah lingkaran.Gerak parabola juga sering disebut sebsgsi gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola, gesekan diabaikan, dan gaya yang bekerja hanya gaya berat atau percepatan gravitasinya saja. Gerak parabola in iadalah perpaduan antarah gerak lurus beraturan(GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). GLB berlaku pada gerak benda secara horizontal, sedangkan GLBB berlaku pada gerak benda secara vertikal.
            Dalam hal ini di tuntut kepada setiap pembaca makalah yang berjudul Gerak Parabola untuk dapat memahami pengertian dari gerak parabola itu sendiri, lbih dari itu harus bisa memahami perbedaan dari gerak parbola dengan GLB dan GLBB.
dari setiap konsep tersebut pengarang akan membahas persamaan konsep Fisika terutama pada Gerak Parabola.
Penulis sangat bersyukur atas Berkat Tuhanlah penulis dapat menyelesaikan makalah ini walapun banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah, Kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan dalam kesempurnaan makalah ini. Penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi kita semua.



Pontianak, 2 Mei 2013


 Penulis





                                           BAB I
                                             PENDAHULUAN

A.   PENGERTIAN  GERAK PARABOLA
Gerak Parabola (Perpaduan GLB dan GLBB) Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola, gesekannya diabaikan, dan gaya yang bekerja padanya hanyalah gaya berat atau percepatan gravitasinya saja.
Gerak yang lintasannya berbentuk parabola disebut gerak parabola. Contoh umum gerak parabola adalah gerak benda yang dilemparkan ke atas membentuk sudut tertentu terhadap permukaan tanah. Gerak parabola dapat dipandang dalam dua arah, yaitu arah vertikal (sumbu-y) yang merupakan gerak lurus berubah beraturan (GLBB),dengan arah horizontal (sumbu-x) yang merupakan gerak lurus beraturan (GLB).Siapa saja waktu SMA pernah belajar fisika kinematika, tentu masih ingat tentang Gerak Parabola. Biasanya yang paling sering ditanya dalam ujian adalah jarak dan tinggi maksimum dari benda yang dilempar. Namun bagaimana jika yang ditanya adalah panjang lintasan maksimum yang dilalui benda?

                        
     








































































































































































































Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penulis menulisnya dalam makalah sederhana. Berikut adalah kutipan dari artikel yang saya dapat dari internet.Dalam analisis gerak parabola sering diperhitungkan bagaimana cara untuk mendapatkan jarak maksimum. Perumusannya yaitu dengan mengatur arah kecepatan dengan sudut terhadap sumbu horizontal.


BAB II

PEMBAHASAN TENTANG GERAK PARABOLA

A.  PENGERTIAN GERAK  PARABOLA
        Gerak Parabola (Perpaduan GLB dan GLBB) Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola,gesekannya diabaikan,dan gaya yang bekerja hanya gaya berat atau percepatan gravitasinya saja. Gerak yang lintasannya berbentuk parabola disebut gerak parabola. Contoh umum gerak parabola adalah gerak benda yang dilempar ke atas membentuk sudut tertentu terhadap permukaan tanah. Gerak parabola dapat dipandang dalam dua arah, yaitu arah vertikal (sumbu-y) yang merupakan gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan arah horizontal (sumbu-x) yang merupakan gerak lurus beraturan (GLB).
Fungsi gerak parabola Fungsi dari gerak parabola cukup banyak pertama fungsi dari gerak parabola misalnya dalam kemiliteran yaitu pada saat menembakan rudal maupun mortir yaitu membantu rudal untuk bisa mencapai tempat lawan dengan gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut tetap terhadap garis horisontal sehingga dapat mencapai tempat tertentu dan menembakan ke arah yang benar atau mencapai tempat yang diinginkan rudal ataupun mortir tersebut.

Untuk lebih lengkapnya Download aja makalah nya disini  ini:


Popular Posts